Minggu, 10 Maret 2013

Perubahan Warna Pluto, Misteri Jagat Raya


Perubahan Warna Pluto, Misteri Jagat Raya

Suatu kejutan terjadi di Pluto. Planet kerdil itu berubah warna menjadi lebih kemerahan dalam waktu yang singkat. Apa yang sedang terjadi? Sebuah misteri…
Perubahan warna di Pluto-yang sejak tahun 2006 tidak dikategorikan sebagai dwarf planet (planet kerdil)- sangat mengejutkan para ahli astronomi. Foto yang dirilis NASA berdasarkan pencitraan Teleskop Luar Angkasa Hubble pada Kamis (3/2) memperlihatkan permukaan Pluto yang tampak lebih merah ketimbang penampakannya dalam beberapa dekade terakhir. Warna kuning-oranye terang itu membuatnya terlihat 20% lebih merah ketimbang imej Pluto yang selama ini dikenal.
Gambar-gambar rekaman teleskop itu memperlihatkan lapisan dingin beku nitrogen dipermukaan Pluto agaknya semakin bertumbuh sekaligus menyusut di bagian lain. Semakin terang di sisi utara dan semakin gelap di sisi selatan.
Para ahli astronomi mengatakan, perubahan yang sangat tak terduga itu kemungkiann karena pengaruh satu musim sepanjang 120 tahun di beberapa wilayah Pluto.  Para ahli sama sekali tak menduga perubahan itu bisa terjadi begitu meluas dan dalam waktu yang sangat cepat.
Padahal sejak 1954 sampai 2000-an, Pluto tidak mengalami perubahan warna ketika dilakukan pemotretan dari Bumi. Namun setelah kurun masa itu perubahan mulai terpantau. Lapisan merah meningkat sampai 20% bahkan 30%, dan semakin mantap sejak tahun 2000 – 2002. Walau tingkat merahnya memang tidak seperti permukaan Mars. Namun perubahan yang terjadi sangat cepat dan dramatis.
Foto-foto yang dihasilkan Hubble pada 2002 telah dianalisis selama beberapa tahun. Tetapi mengapa perubahan yang terjadi di Pluto begitu cepat masih menjadi sebuah misteri. Sementara dalam foto teleskop, bulan Pluto, Charon, tidak berubah warna yang mempertegas bahwa foto perubahan warna pada Pluto itu bukan kesalahan pencitraan. Apa yang sebenarnya terjadi? Ilmuwan masih berupaya keras untuk memahami misteri ini.  

<textarea cols="30" name="code" rows="6" style="-moz-border-radius: 5px 5px 5px 5px; background: none repeat scroll 0% 0% rgb(0, 0, 0); border: 2px inset rgb(204, 204, 204); color: white; line-height: 1.5em; padding: 0pt 7px;">

Perubahan Warna Pluto, Misteri Jagat Raya

</textarea>

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

No sara :)

 

Copyright @ 2013 Rivaldy.H.