Senin, 11 Maret 2013

JELAJAHI BULAN SEOLAH MENJADI ASTRONOT MISI APOLLO

JELAJAHI BULAN SEOLAH MENJADI ASTRONOT MISI APOLLO
Panorama lokasi pendaratan misi Apollo 16.
Berniat memunjukkan bahwa pendaratan misi Apollo di Bulan benar-benar nyata, astronom amatir Italia, Roberto Beltramini, membuat panorama 3D 360 derajat lokasi pendaratan misi Apollo 16.

Panorama Apollo 16 yang dihasilkan bisa dilihat di situs www.astrogav.eu. Panorama juga bisa diakses di Zoomify. Cukup dengan mengambil kacamata 3D, maka pemandangan lokasi pendaratan Apollo 16 bisa dinikmati secara interaktif.

Awalnya, Beltramini hanya berniat membuat analyps 3D. Namun, begitu mulai mengerjakan, rupanya ia terus bekerja, tak ingin berhenti. Jadilah kemudian panorama 3D 360 derajat Apollo 16 pertama di dunia ini.

Pembuatan panorama ini menemukan beberapa kesulitan. Salah satunya, foto-foto yang diambil oleh astronot John Young dan Charlie Duke saat pendaratan tak secara khusus ditujukan untuk pembuatan panorama ini.

"Untuk menyelesaikan persoalan ini, saya harus menyesuaikan gambar dengan program grafis, meliputi cropping, mengubah ukuran dan membersihkan noda dan goresan yang muncul dari scan foto aslinya," kata Beltramini seperti dikutip Universe Today, Selasa (6/11/2012).

"Hal lain yang mengganggu adalah tanda silang hitam yang ditempatkan dalam interval tertentu pada foto yang diambil pada misi Apollo, yang harus saya hapus satu per satu agar tak mengganggu citra 3D yang dihasilkan," lanjutnya.

Panorama berhasil diciptakan setelah beragam kesulitan itu diciptakan. Panorama ini membuat siapapun merasa menjadi astronot yang mendarat di Bulan dan mengamati pemandangan di sekitarnya.
Apollo 16 adalah misi ke 4 Apollo. Misi diluncurkan pada 16 Juli 1971 dan astronot kembali dari misi pada 7 Agustus pada tahun yang sama. 

kompas.com

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

No sara :)

 

Copyright @ 2013 Rivaldy.H.