Sabtu, 09 Maret 2013

Jelajah Alam Semesta Big Bang, Wormhole, dan Lorong Waktu


Jelajah Alam Semesta Big Bang, Wormhole, dan Lorong Waktu


pengertian Big Bang (terjemahan bebas: ledakan dahsyat atau dentuman besar) dalam kosmologi adalah salah satu teori ilmu pengetahuan yang menjelaskanperkembamgam dan bentuk awal dari alam semesta.
Teori ini menyatakan bahwa alam semesta ini terbentuk dari ledakan maha dahsyat (dueerrrrr) yang sudah lama buaaaanget yaitu terjadi sekitar 13.700 juta tahun lalu. Lama banget kan??? Ledakan ini melontarkan materi dalam jumlah sangat besar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi ini yang kemudian mengisi alam semesta ini dalam bentuk bintang, planet, debu kosmis, aasteroid/meteor, energi dan partikel lainnya. Para ilmuwan yang jenius-jenius itu lhooo, juga percaya bahwa Big Bang membentuk sistem tata surya. Ide sentral dari teori ini adalah bahwa Teori Relativitas Umum dapat dikombinasikan dengan hasil pemantauan dalam skala besar pada pergerakan galaksi terhadap satu sama lain., dan meramalkan bahwa suatu saat alam semesta akan kembali atau terus. Konsekuensi alami dalam teori Big Bang yaitu pada masa lampau alam semesta punya suhu yang jauh lebih tinggi (bisa buat bakar jagung dunk) dan kerapatan yang jauh lebih tinggi.
Kemudian kita beranjak ke keberadaan Wormhole (lubang cacing) dalam teori dimulai ketika Albert Einstein memperkenalkan Teori Relativitas Umum. Einstein menunjukkan bahwa massa bisa membuat ruang (waktu) melengkung/ terlipat, (kayak baju aja zaa dilipat-lipat) semakin besar massa, semakin melengkung ruang (waktu). Lha yang ini kayak kawat dilengkung-lengkungin. Menurut simbah, eh salah, maksudnya Einstein dan I. Rosen, dua ilmuwan yang memiliki dedikasi tinggi terhadap penelitian fenomena di jagad raya ini, keberadaan wormhole erat kaitannya dengan blackhole, obyek alam semesta yang dikenal memiliki gravitasi amat kuat. Wormhole itu menghubungkan antara sebuah blackhole (lubang hitam) dengan sebuah whitehole (lubang putih). Blackhole sendiri adalah radiasi gravitasi positif dengan gravitasi menekan apa saja ke dalam pusatnya sedangkan whitehole adalah radiasi gravitasi negatif yang memuntahkan apa saja. Jadi, bertolak belakang gitu lho…..!!!
Terus kalau menurut batasan fisika-modern, wormhole adalah bagian dari alam semesta yang bisa digunakan sebagai jalan pintas perjalanan yang sangat jauh, namun letaknya hingga kini belum bisa diketahui. Fenomena ini adalah semacam lorong magnetik yang di dalamnya memiliki gravitasi kuat yang mampu menarik apapun yang masuk ke dalamnya kemudian mendorongnya ke ujung lorong yang lain hanya dalam beberapa saat (kayak sihir aja? Tinggal adakadabra.. Cling.. Langsung sampai), terus yang dimaksud ”ujung lorong lain” adalah pintu dari alam semesta paralel kita, bisa juga alam semesta dari galaksi lain (kayak pintu kemana saja doraemon nggak ya?)
Tapi ada masalahnya nie, masalahnya kini, bagaimana mencari sang wormhole yang amat eksotis tersebut. Karena justru masalah inilah yang tak pernah terpecahkan hingga kini. Para ahli astro-fisika hingga saat ini baru sebatas mengetahui konstruksi teoritisnya. Selebihnya masih gelap (nyalakan lampunya aja biar nggak gelap!!). begitu juga dengan lorong waktu, sama-sama belum ditemukan. Kita tau maksudnya loromg waktu duluan aja ya.. lorong waktu adalah lorong yang menghubungkan masa lampau, masa sekarang, masa depan. Menurut spekulasi imajinatif, apabila orang melaju di atas kecepatan cahaya, ia akan menembus lorong waktu, kembali ke masa silam.
Kita tengok teknologi tentang Lorong Waktu yuuk! Ada sebuah makalah riset pada 2005 mengemukakan bahwa selama manusia dapat meneliti dan menciptakan ”generator penembus lorong waktu” maka akan dapat merealisasikan impian perjalanan dari bumi ke planet mars hanya membutuhkan waktu 3 jam. Bahkan terbang menuju ke planet di luar dengan jarak 11 tahun cahaya juga bisa ditempuh hanya dalam waktu 80 hari. Kita bisa sering-sering ne jenguk manusia di planet mars (emang ada manusia di planet mars). Seperti diungkapkan majalah New Scientist edisi Januari 2006 lalu bahwa dasar teori ”generator penembus lorong waktu” adalah ”multidimensi”. Sebuah teori struktural alam semesta yang penuh perdebatan. Dan yang pertama kali dikemukakan oleh almarhum fisikawan Jerman bernama Burkhard Heim pada 1950-an menyebutkan bahwa jika ”generator penembus lorong waktu” menghasilkan sebuah medan magnet atau medan gravitasi yang cukup kuat, maka benda yang berada di ruangnya seperti pesawat antariksa akan ”masuk” ke sebuah ”multidimensi” lain yang berbeda.
Setelah Burkhard Heim meninggal pada 2001, dua ilmuwan Jerman lainnya jadi penerusnya lho, yakni Prof. Hazhe fisikawan dari Research University di Jerman, mantan otoritas aeromekanika Badan Antariksa Eropa, meneruskan penelitian mereka, dan mempublikasikan tesisnya untuk membuktikan bahwa ” generator penembus lorong waktu” bisa diealisasikan (kita ikutan optimis dunk!!) bahkan telah dirancang percobaan dan mengadakan uji teori. Pada 2005 lalu, tesis itu mendapat penghargaan sebagai tesis terbaik dari Badan Antariksa Nasional AS (wah hebat banget ya ada pemikiran kayak gitu).
Prof. Hazhe mengatakan bahwa ”generator penembus lorong waktu” dapat digunakan untuk mengadakan perjalanan antar planet antara galaksi yang tidak sama. Menurut konsepnya, ”generator penembus lorong waktu” dapat mempercepat perjalanan manusia ke angkasa secara signifikan. Tapi ada namunnya, Prof. Hazhe juga memperingatkan bahwa percobaan ”generator penembus lorong waktu” saat ini masih dalam teori perdebatan. Teori tersebut merupakan tantangan besar terhadap hukum fisika saat ini, (rumit banget yaa) dan hingga saat ini masih ada ilmuwan yang mempertahankan pendapat yang berbeda atas hal ini. Wah udah selesai ne aku cerita tentang alam semesta yang luas ini. Itu tadi baru sebagian kecil, kecil buuuanget dari alam semesta yang indah dan penuh misteri ini.

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

No sara :)

 

Copyright @ 2013 Rivaldy.H.