Jumat, 08 Maret 2013

COMET OF THE CENTURY : KOMET ISON AKAN MELEWATI PERMUKAAN MATAHARI PADA BULAN NOVEMBER

COMET OF THE CENTURY : KOMET ISON AKAN MELEWATI PERMUKAAN MATAHARI PADA BULAN NOVEMBER
http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi
Sebuah komet ditemukan oleh astronom Rusia September lalu mungkin bisamenjelma menjadi panorama langit spektakuler tahun ini,kata ilmuwan NASA yang mengumumkannya jumat lalu.

Komet Isonyang ditemukan oleh Vitali Nevski dan Artyom Novichonok dari Roscosmosdan menamainya untuk menghormati program survey langit malam International Scientific Optical Network.Komet itu kini berada di dekat jupiter.

Untuk saat inisetidaknyatampak berupa "setitik cahaya samaryang "bergerak melaluiruang hitam," tapi saat mendekati matahari pada bulan November itu akan menjadi pemandangan yang spektakuler, kata badan antariksa AS.

"Komet Ison adalah sungrazer," jelas Karl Battams dari Naval Research Laboratory (NRL)dalam sebuah pernyataan"Orbikomet akan membawanya sangat dekat denganmatahari, yang kita tahu itu bisa menjadi hal yang spektakuler."

Saat ini, Comet Ison hanya terlihat dengan teleskop besarnamun menjelang akhirtahunitu bisa terlihat mencolok tanpa menggunakan alat bantu bahkan di siang hari bolong" karena kedekatannya dengan matahari kitakata para pejabat NASA. 

Komet Ison akan melakukan perjalanan melalui atmosfer matahari pada tanggal 28 Novembermelewati lebih dari satu juta kilometer dari permukaan bintang.Komet ini bisa muncul seterang Bulan di langit malam.Bahkan akan tampak di siang bolong jika dekat matahari.Beberapa wartawan menjulukinya "Comet of the Century,".

"Aku sudah cukup tua untuk mengingat 'Comet of the Centuryterakhir. Ini melempem.Komet terkenal tak terduga"kata Don Yeomans dari NASA Near-Earth ObjectProgram.Yeomans mengacu pada komet 1973 yang dikenal sebagai Kohoutek,yang gagaluntuk hidup.Harapan yang sama sekarang melekat pada Ison.

Komet Ison

Radiasi matahari dan gaya gravitasi bisa menghancurkan kometseperti yang terjadi pada Komet Elenin ketika mendekati matahari pada tahun 2011.AtauComet Lovejoylebih kecil dari Ison yang selamat dalam perjalanan melalui atmosfer matahari dan munculdengan ekor yang spektakuler.

"Setidaknya Komet Ison mungkin memiliki ukuran dua kali lebih besar Comet Lovejoy danakan melewati sedikit lebih jauh dari permukaan matahari," kata Knight.Mungkin komet Ison tidak akan hancur saat melewati matahari dan memberikan pandangan yang spektakuler.

Komet itu juga bisa mengalami perpecahan parsialyang akan membuatnya terlihat seperti "string mutiarabila dilihat menggunakan teleskopBattams kata.Diamenambahkan bahwa Ison bisa berakhir tampak seperti "Komet yang terkenalShoemaker-Levy 9 yang menabrak Jupiter pada tahun 1994."

Komet ini tidak akan menimbulkan ancaman bagi Bumi. Komet itu sendiri tidak pada jalur tabrakan dengan planet kita dan pecahan-pecahannya akan terus bertahan di jalurnya .

Komet itu akan terlihat lebih jelas di belahan bumi utara dan akan terlihat melingkar sepanjang malam ,kata ilmuwan NASA.

Sumber: Redorbit

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

No sara :)

 

Copyright @ 2013 Rivaldy.H.