Senin, 11 Februari 2013

Misteri dibalik Petir


Misteri dibalik Petir


Petir memang menyeramkan. Selalu terjadi dalam kegelapan, gelegar yang mengikuti tak kalah menciutkan nyali. Mungkin kalian belum begitu tahu bahwa banyak sekali deretan peristiwa seram dan tak logis serta ngeri mengikuti kemunculan petir. Bukan hanya rentetan kilat dan bunyi geledek. Misteri petir jauh lebih kompleks dari itu.

Korban Jiwa Akibat Petir 
Dalam setahun rata-rata terjadi dua serangan petir terhadap pesawat terbang. Di Amerika sendiri petir meminta korban hingga 200 orang per tahun. Ribuan orang cedera akibat kecelakaan karena telepon. Meskipun serangan listrik petir tidak sampai merusak kabel telepon, tapi pemakainya bisa celaka. Bukan hal yang mengagetkan jika ada orang yang meninggal akibat bertelepon ria saat ada petir.

Bola Petir 
Bolla Petir (Ball Lightning)
Misteri yang menyelimuti petir semakin menakutkan ketika kita berkenalan dengan bola petir. Bola petir memiliki bentuk bervariasi. Ada yang sebesar bola basket berwarna kuning, ada yang sangat kecil hingga bisa menempel di ujung jari. Bola petir berukuran antara 2.5-150 cm. Namun pada Juni 1977, bola petir raksasa sebesar bus disaksikan oleh seorang penjaga pantai!
Yang lebih mengerikan dari ukurannya adalah sifat yang aneh dari bola petir itu sendiri. Kadangkala bola petir masuk ke dalam rumah melalui kaca jendela, menyelinap seperti hantu. Jendelanya sendiri tidak rusak. Gerakannya bisa perlahan, bisa berkelabat, kadang berputar kencang pada porosnya. Ada yang tampak jelas, yang lain samar-samar tertutup kabut. Warnanya bermacam-macam, kemunculannya pun kadang sendiri dan kadang berombongan. Sifat dan pembawaan bola petir sangat variatif, ada yang menakutkan karena membuat dinding rumah berlubang-lubang. Ada pula yang mengerti sopan santun hingga mau membuka pintu tanpa menghanguskan atau meninggalkan bekas apapun.
 
Naasnya Ditaksir Petir
           Jika bangunan-bangunan tinggi sering disambar petir bukanlah hal yang aneh. Namun jika seseorang terus-terusan disambar petir, apa yang sebenarnya terjadi??
1.     Jack McPherson disambar petir tanggal 13 Februari 1983 ketika memberi makan anak sapi. 20 tahun kemudian ia disambar petir tepat dilokasi yang sama.
2.     Roy Cleveland Sullivan, pria naas dari Virginia ini mengalami tujuh kali sambaran petir dalam kurun waktu 36 tahun. Tahun 1942 kuku jarinya terkelupas. Tahun 1969 alisnya hangus, tahun 1970 bahunya disambar petir. Tahun 1972 rambutnya terbakar. Tahun 1973 topinya terbakar dan tubuhnya terpelanting sampai 3 meter. Karena seringkali selamat dari hajaran petir, Sullivan jadi peka terhadap unsur alam, ia mengklaim dapat melihat petir yang bakal terjadi. Disisi lain ia jadi gampang depresi. Sullivan mengakhiri hidupnya sendiri pada usia 71 tahun.
Roy Cleveland Sullivan
3.     Rolla Primardo dari Italia,  mati disambar petir di kebunnya. Ditempat tersebut ayahnya mengalami nasib yang sama 20 tahun sebelumnya, kakek Rolla juga tewas dihajar petir 30 tahun sebelum kematian ayahnya.
4.     Mayor R. Summerford, warga Kanada yang malang ini disambar petir tahun 1918 hingga lumpuh sementara dari pinggang ke bawah. Tahun 1924, ia disambar petir lagi ketika sedang memancing, akibatnya ia lumpuh sementara. Hajaran terakhir ketika ia sedang berjalan-jalan di taman, kali ia lumpuh permanen. Kemudian yang paling mengejutkan, dua tahun setelah ia meninggal, batu nisannya disambar petir!!


Apakah petir memang menyukai orang jenis-jenis tertentu untuk disambar?? Well, kurang tahu. Yang pasti kita harus lebih hati-hati jika berjumpa dengan petir. Baca juga postingan mengenai gambar-gambar peri

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

No sara :)

 

Copyright @ 2013 Rivaldy.H.