Kamis, 14 Februari 2013

Berlian Sebesar Tigakali Bumi Menggantung di Angkasa !


Berlian Sebesar Tigakali Bumi Menggantung di Angkasa !

Harga berlian ditentukan dari 4 C (Clairity, Color, Cut, dan Carat), semakin jernih, indah warnanya dengan potongan yang bagus serta besarnya dalam karat. Saat ini harga (tahun 2012 ini) di situs Orori tertulis  satu karat dengan skala kejernihan VS1 dan color H dijual dengan harga Rp 88,2 jutaan. Sedangkan berlian 1,77 karat dengan skala kejernihan VS1 dan color H, dijual seharga Rp 263 jutaan.
Nah, bagaimana kalau seluruh permukaan bumi ini dilapisi berlian ? Tentusaja ini bukan penemuan seorang ahli geologi.

Sebuah planet diketemukan oleh astronomer dilapisi dengan berlian !

:( “Whaduh Pakdhe, di planet itu yang namanya batu kali malah dianggap berlian, karena di planet itu batu kali malah jadi langka doonk”
Ini adalah kali pertama kami melihat dunia berbatu dengan kimia fundamental berbeda dari Bumi,” kata pemimpin peneliti Nikku Madhusudhan, seorang peneliti postdoctoral Yale dalam fisika dan astronomi. “Permukaan planet ini kemungkinan ditutupi grafit dan berlian bukannya air dan granit.
Artikel yang melaporkan temuan ini telah diterima untuk dipublikasikan dalam jurnal Astrophysical Journal Letters.
Planet ini – disebut 55 Cancri e – memiliki radius dua kali Bumi, dan delapan kali lebih besar massa, membuatnya menjadi “super-Bumi.” Ini adalah salah satu dari lima planet yang mengorbit sebuah bintang seperti Matahari, 55 Cancri, yang terletak 40 tahun cahaya dari Bumi belum terlihat dengan mata telanjang dalam konstelasi Cancer.
55Cancri e ukurannya 3 kali bumi
Planet mengorbit pada kecepatan hiper: tahunnya hanya 18 jam dibandingkan dengan 365 hari Bumi. Hal ini juga blazingly panas, dengan suhu sekitar 2.150 ° C (3.900 ° F), peneliti mengatakan, jauh dari dunia yang dihuni.
Planet ini pertama kali diamati transit bintangnya tahun lalu, fenomena transit ini yang memungkinkan para astronom untuk mengukur radius untuk pertama kalinya. Informasi baru ini, dikombinasikan dengan perkiraan terbaru dari massanya, memungkinkan Madhusudhan dan rekan menyimpulkan komposisi kimia dengan menggunakan model interior dan menghitung semua kemungkinan kombinasi dari unsur-unsur dan senyawa yang akan menghasilkan karakteristik tertentu.
Para astronom sebelumnya telah melaporkan bahwa bintang tuan rumah (host planet) memiliki karbon lebih dari oksigen, dan tim menegaskan bahwa sejumlah besar karbon dan silikon karbida, dan sejumlah kecil air es, yang terbentuk selama pembentukan planet. Mereka juga berpikir 55 Cancri e mengandung sejumlah besar air yang super-panas (super-heated water), didasarkan pada asumsi bahwa susunan kimiawi yang mirip dengan Bumi. Namun penelitian baru menunjukkan planet ini memiliki tidak ada air sama sekali, dan tampaknya terutama terdiri dari karbon (seperti grafit dan berlian), besi, silikon karbida, dan, mungkin, beberapa silikat. Studi memperkirakan bahwa 1/3 dari massa planet ini – setara dengan sekitar tiga kali massa Bumi – bisa jadi berupa berlian.
Jaraknya hanya 40 tahun perjalanan cahaya saja ;-)
Nah kalau berlian 1,77 karat dengan skala kejernihan VS1 dan color H, dijual seharga Rp 263 jutaan. Maka kalau sebesar tiga kali massa bumi, berapa donk harganya ?

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

No sara :)

 

Copyright @ 2013 Rivaldy.H.