Jumat, 15 Februari 2013

IO BULAN DI ATAS JUPITER

IO BULAN DI ATAS JUPITER

Io Bulan di Atas Jupiter

Seberapa besar bulan Jupiter yang bernama Io? Benda langit ini adalah yang paling memiliki banyak gunung vulkanik di tata surya, Io (biasanya diucapkan “EYE-oh”) berd
iameter 3.600 kilometer, kira-kira seukuran dengan satu-satunya satelit alam yang dimiliki planet Bumi yaitu Bulan. Meluncur melintasi Jupiter pada pergantian milenium, pesawat ruang angkasa Cassini menangkap pemandangan yang mengagumkan dari Io dengan planet gas raksasa (red: Jupiter) sebagai latar belakang, menawarkan sebuah demonstrasi menakjubkan perbandingan ukuran relatif planet yang paling berkuasa.

Meskipun pada gambar di atas Io tampaknya terletak tepat di depan awan Jovian yang berputar-putar, Io bergerak cepat mengitari orbitnya satu kali setiap 42 jam pada jarak 420.000 kilometer atau lebih dari pusat Jupiter. Hal tersebut menempatkan Io hampir 350.000 kilometer di atas puncak awan Jupiter, kira-kira setara dengan jarak antara Bumi dan Bulan. Pesawat ruang angkasa Cassini sendiri sekitar 10 juta kilometer dari Jupiter saat merekam data gambar tersebut.

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

No sara :)

 

Copyright @ 2013 Rivaldy.H.