Jumat, 05 Juli 2013

10 Nama Baru Rupes Merkurius Disetujui Oleh IAU

 
Baru-baru ini, Tim Sains MESSENGER mengusulkan nama untuk 10 rupes di Merkurius.International Astronomical Union (IAU),telah menjadi badan internasional yang berhak menamakan planet dan satelit sejak tahun 1919.Dan sesuai temanya,Rupes ini akan dinamakan seperti nama kapal

Rupes adalah kata Latin untuk tebing, yang sempurna dan sesuai dengan formasi di Merkurius.Rupes adalah tebing curam yang panjang yang terbentuk di atas major faults.Saat ini, "rupes" hanya digunakan oleh ahli geologi planet untuk menggambarkan formasi permukaan di dunia lain selain bumi.

"Kami mengusulkan nama Enterprise rupes untuk rupes terpanjang di Merkurius, yaitu sepanjang 820 kilometer (510 mil).USS Enterprise diluncurkan pada tahun 1874 dan melakukan survei pertama dari sungai Mississippi dan Amazon, "kata Michelle Selvans dari Pusat Studi Bumi dan Planet di National Air and Space Museum.

"Kami juga merekomendasikan beberapa nama menarik, seperti Calypso Rupes, untuk Kapal Jacques Cousteau," katanya.Beberapa nama yang dipilih untuk koneksi pribadi mereka kepada tim, seperti Palmer Rupes - dinamai seperti nama kapal penelitian pemecah es Selvans untuk melakukan penelitian geofisika kelautan lepas pantai Antartika.

Nama-nama lain yang diterima adalah:


  • Alvin Rupes, dari DSV Alvin,adalah kapal selam yang dibangun tahun 1964 sebagai salah satu kapal selam pertama di dunia,Alvin telah melakukan 4.400 penyelaman dan dapat mencapai hampir 63 persen dari dasar laut global.
  • Belgica Rupes, dari kapal RV Belgica,awalnya dirancang sebagai kapal penangkap ikan paus pada tahun 1884, kapal uap ini diubah menjadi kapal penelitian pada tahun 1896 dan mengambil bagian dalam ekspedisi Belgia Antartika  pada tahun 1897-1901, menjadi kapal pertama yang dapat menahan musim dingin di Antartika.
  • Carnegie Rupes,dari kapal Carnegie.kapal pesiar ini diluncurkan pada tahun 1909 sebagai kapal penelitian.Hampir seluruh bagian kapal ini dibuat dari kayu dan bahan-bahan non-magnetik lainnya untuk memungkinkan pengukuran sensitifitas magnetik yang diambil untuk Carnegie Institution Departemen Terrestrial Magnetism, kapal ini menghabiskan 20 tahun di laut.Kapal ini melakukan perjalanan hampir 300.000 mil dan sebuah ledakan menghancurkan kapal ini.
  • Duyfken Rupes, adalah kapal Belanda kecil yang dibangun pada akhir abad ke-16.Pada 1606, kapal berlayar dari pulau Indonesia dari Banda untuk mencari peluang emas dan perdagangan di pulau Nova Guinea.Kapal dan awak tidak menemukan emas, sebaliknya mereka menemukan sesuatu yang lebih menarik yaitu pantai utara Australia.
  • Eltanin Rupes, dari kapal USNS Eltanin, diluncurkan pada tahun 1957 sebagai kapal kargo bintara Angkatan Laut .Kapal memiliki dua lambung dan secara resmi diklasifikasikan sebagai Ice-Breaking Cargo Ship.Pada tahun 1962, kapal itu difungsikan untuk melakukan penelitian di laut selatan dan berubah menjadi sebuah Kapal Riset Oseanografi.
  • Nautilus Rupes,dari kapal eksplorasi Nautilus.Sejak tahun 1967, Nautilus telah melakukan studi arkeologi bawah laut di di laut Mediterania dan Karibia.Kapal saat ini dilengkapi dengan kendaraan yang dioperasikan jarak jauh (ROV) dan sistem komunikasi satelit untuk ilmu pengetahuan dan pendidikan jarak jauh.
  • Terror Rupes,dari kapal HMS Terror.Dibangun pada awal 1800-an sebagai kapal pengebom kerajaan Inggris,kapal itu terlibat dalam pemboman Fort McHenry, salah satu pertempuran terakhir dari Perang 1812.Pemboman ini memberikan inspirasi bagi Francis Scott Key untuk menulis lagu kebangsaan Amerika, "Star Spangled Banner."Kemudia kapal itu difungsikan untuk eksplorasi kutub dan telah berpartisipasi dalam eksplorasi Antartika.
Menurut Selvans, rupes Merkurius dapat mengungkapkan banyak tentang evolusi planet.Untuk menentukan nama Rupes,tim memilih fitur geologis terpanjang dan paling menarik yang dicitrakan oleh MESSENGER.

Sejak tahun 1976, 27 rupes telah dinamai di Merkurius. Kesepuluh nama baru tersebut adalah sebutan rupes baru sejak lebih dari lima tahun.

Sumber : Redorbit

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

No sara :)

 

Copyright @ 2013 Rivaldy.H.